lembah harau
lembah harau

LIburan ke padang ngapain aja? cobain ke sini deh, obyek wisata lembah harau. 

Memang belum sepopuler obyek wisata lainnya di sumatera barat, seperti Jam Gadang Bukitiinggi, Janjang koto gadang ataupun pantai air manis (pantai malin kundang) dan tempat wisata lainnya di sumatera barat. Namun obyek wisata ini tidak kalah menariknya dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya di sumatera barat.

Harau, daerah ini berlokasi lebih kurang 300km dari jantung kota Padang,ibukota Sumatera Barat. Tepatnya berada di Kabupaten 50 kota. Dengan waktu tempuh lebih kurang tiga hingga empat jam dari kota Padang.

Lembah Harau adalah dimana mata kita akan

dimanjakan dengan pemandangan tebing curam setinggi 80 -300 meter. Pagar tebing cadas yang curam dan lurus berwarna kemerah-merahan tegak mengelilingi lembah begitu menawan untuk Anda pandang dan sempurna untuk diabadikan.

Harau, atau lebih dikenal dengan Lembah Harau, memiliki pemandangan yang indah dengan bukit-bukit yang mengitarinya. Melintasi jalanan kecil yang berkelok dengan pemandangan air terjun yang menghiasinya memunculkan suasana yang asri nan menenangkan. Daerah Harau ini dijuki oleh penduduk setempat dengan “Negeri Sejuta Air Terjun”. Bagaimana tidak, jumlah air terjun di daerah ini bukan satu atau dua, banyak air terjun besar dan air terjun kecil yang membuat wisatawan akan betah berlama-lama disini.

Harau berasal dari kata parau, istilah lokal yang artinya suara serak. Dahulu kala,  penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu (salah satu gunung di lembah harau) sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan yang mengakibatkan penduduk berteriak histeris dan menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau maka daerah tersebut dinamakanorau sehingga berubah nama menjadi Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi harau.

Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Ke padang cuma ke Bukittinggi? udah biasa ! “cari cara lain” dong

Obyek Wisata Lembah Harau – Payakumbuh -red